Rabu, 15 April 2020

Mewujudkan Persatuan Indonesia Melalui Wawasan Nusantara

C. Mewujudkan Persatuan dan Kebanggaan terhadap Bangsa sebagai Wujud Nilai Kebangkitan Nasional

1. Mewujudkan Persatuan Indonesia

Kesatuan dan persatuan itu berasal dari kata "satu" yang memiliki arti utuh dan tidak pecah belah. Makna dari persatuan adalah
terikatnya beberapa bagian menjadi sebuah satu kesatuan. Adapun kesatuan mempunyai arti keadaan atau kondisi yang merupakan satu keutuhan. Persatuan Indonesia berarti persatuan bangsa yang tinggal di daerah Indonesia.

Konsep kesatuan yang dianut oleh negara Indonesia meliputi aspek alamiah (konsep kewilayahan) dan aspek sosial (politik, sosial, budaya, ekonomi, pertahanan, dan keamanan). Kesatuan wilayah itu meliputi seluruh wilayah baik darat, laut, ataupun udara. Kebulatan ini sesuai dengan politik kewilayahan yang kita anut yaitu Wawasan Nusantara.

Wawasan Nusantara itu adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri serta lingkungannya berdasarkan Pancasial dan UUD 1945. Di dalam pelaksanaannya Wawasan Nusantara menegedepankan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan (perbedaan) demi tercapainya tujuan nasional.Perbedaan itu dipandang sebagai sebuah kekayaan bangsa dan wilayah Indonesia dipandang sebagai kesatuan wilayah. 

Wawasan Nusantara mempunyai 2 tujuan, yaitu sebagai berikut :

1. Tujuan Nasional, yang bisa kita kihat di dalam Pembukaan UUD 1945
2. Tujuan ke dalam, yaitu mewujudkan kesatuan seluruh aspek kehidupan.

Adapun Fungsi dari Wawasan Nusantara adalah sebagai berikut :

1. Wawasan Nusantara berfungsi sebagai konsepsi ketahanan nasional
2. Wawasan Nusantara berfungsi sebagai wawasan pembangunan yang mencakup kesatuan politik, kesatuan ekonomi, kesatuan sosial dan ekonomi, kesatuan sosial dan politik, serta kesatuan pertahanan dan keamanan.
3. Wawasan Nusantara berfungsi sebagai wawasan pertahanan dan keamanan negara.
4. Wawasan Nusantara berfungsi sebagai wawasan kewilayahan.

Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, kita bisa melihat banyak contoh nyata persatuan dalam masyarakat. Terutama di masa tanggap darurat bencana pandemi corona saat ini. Masyarakat kita bahu-membahu membuat gerakan sosial untuk melawan penyebaran virus covid 19. 

Baca artikel di bawah ini tentang persatuan para dokter di indonesia dalam melawan corona : 


Kalian juga bisa membaca artikel di bawah ini tentang gerakan para pemuda melawan penyebaran corona:



Itu lah pentingnya sebuah persatuan bagi sebuah bangsa. Bangsa indonesia ini besar bukan karena luas wilayahnya, bukan karena kekayaan alam yang melimpah, bukan pula karena banyaknya jumlah penduduk. Tetapi bangsa indonesia bisa menjadi besar dan kuat karena memiliki persatuan dan kebanggaan sebagai satu bangsa yaitu Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sudah Bertamu Sebanyak